Blogger Widgets
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/12/cara-membuat-teks-bergerak-melingkar.html#sthash.WfcLdHgR.dpuf

Rabu, 06 Februari 2013

PENGERTIAN BERITA


                                                                PENGERTIAN BERITA
                Berita atau news adalah laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (aktual),atau laporan mengenai fakta-fakta yang actual,menarik perhatian, di nilai penting atau luar biasa.
                News mengandung pengertian yang penting, yaitu dari kata new yang artinya adalah baru.Jadi, berita harus memiliki nilai kebaruan atau selalu mengedepankan aktualitas.
                                                                JENIS BERITA
1.       Straight news yaitu laporan peristiwa politik,ekonomi,masalah social,dan kriminalitas berita sejenis ini juga sering di sebut sebagai hard news sedangkan straight news hal-hal semisal olahraga,kesenian,hiburan,hobi,elektronika,dan sebagainya di kategorikan sebagai berita ringan atau lunak (soft news)
2.       Veature atau berita kisah. Jenis ini lebih bersifat naratif, berkisah mengenai aspek-aspek insane (kemanusiaan atau human interast). Sebuah veature tidak terlalu terikat pada nilai-nilai berita dan faktualitas.
3.       Berita investigative (investigative news) yaitu berita berdasarkan hasil penyelidikan 1 orang atau satu tim wartawan secara lenguap dan mendalam dalam pelaporannya

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More