Blogger Widgets
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/12/cara-membuat-teks-bergerak-melingkar.html#sthash.WfcLdHgR.dpuf

Rabu, 06 Februari 2013

Ustaz Faqa Targetkan 300 Sampai 500 Ekor Kambing


Ustaz Faqa Targetkan 300 Sampai 500 Ekor  Kambing
Oleh: Yudha Satria Sanjaya
(Santri Baitul Arqam, Sibreh)

SIBREH (02/10/2012) – Ustaz Faqa adalah salah satu guru pembimbing di Dayah Baitul Arqam, Sibreh, Aceh Besar. Beliau juga bertanggung jawab terhadap ternak kambing milik dayah. Sebagian kambing yang dipelihara Ustaz Faqa, adalah milik para pembibing pesantren dan beberapa ustaz di dayah.
“Ada sebagian kambing milik investor dari kalangan pembibing dan para ustaz did ayah ini. Tempat kandang kambing itu berada di belakang  kantor Pesantren Baitul Arqam atau area pertenakan. Saya menjaga kambing itu bersama ustaz lainnya,” kata Ustaz Faqa, kepada baitularqam.com, Selasa (2/10/2012).
Ustaz Faqa mengatakan, semua kambing itu untuk penompang perekonomian Dayah Pesantren Baitul Arqam. Kambing-kambing itu akan dijual ke pasar, dan hasil penjualannya akan dibagi tiga bagian. Untuk investor, untuk petugas yang menjaga kambing, dan untuk Dayah Baitul Arqam.
“Kita merawat kambing ini dengan baik. Kambing yang sakit dipisahkan dengan gerombolan yang lain dan akan diobati menurut penyakitnya,” ujar Ustaz Faqa.
Beliau menyebutkan, semua kambing itu kurang lebih tiga puluh ekor. Dalam satu tahun, satu induk kambing bisa beranak dua kali. “Sekali melahirkan minimal dua ekor minimal, bahkan bisa mencapai sepuluh ekor atau lebih. Untuk jumlah penghasilan, tergantung dari bobot dan jenis bibit yang dihasilkan,” kata Ustaz Faqa.
Melihat keadaan kambing dalam beberapa waktu terakhir, Ustaz Faqa mengatakan sangat optimis ternak kambing di Dayah Baitul Arqam, sangat menjanjikan. Bahkan, Ustaz Faqa menargetkan kambing yang sekarang berjumlah tiga puluh ekor, akan berkembang hingga tiga ratus sampai lima ratus ekor kambing.(*)




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More